Keutamaan Sedekah Bagi Umat Muslim

Mei 21, 2019

Sedekah menjadi aktivitas yang akan terasa ringan jika dibarengi dengan niat tulus untuk berbagi kepada orang lain. Kita sering merasa enggan untuk mengeluarkan harta yang dimiliki demi membahagiakan orang lain.

"Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi sedangkan tangan di bawah adalah orang yang meminta". Pernahkah kamu mendengar hadits tersebut?

Yeah, sebagai umat muslim indah sekali saat bisa berbagi dengan orang lain sesama makhluk hidup. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan umat muslim untuk membersihkan harta yang dimiliki atau untuk berbagi kepada orang lain. Kita mengetahui adanya zakat, infaq dan sedekah, masing-masing memiliki keutamaan. Nah, kali ini aku ingin bercerita tentang sedekah yang mana keutamaannya sangat bermanfaat untuk umat muslim.



Berbagi atau bersedekah merupakan anjuran dalam islam yang bertujuan untuk meringankan atau membahagiakan orang lain. Beberapa keutamaan dari sedekah adalah sebagai berikut:



1. Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi orang yang bersedekah. Nah, siapa sih umat muslim yang tidak ingin mendapatkan pahala apalagi bisa digandakan. Sedekah ini sebenarnya aktivitas yang ringan namun sering terasa berat. Dalam Al-Quran terdapat pada surah Al- Hadid :18 yang membahas tentang melipatgandakan pahala bagi orang yang bersedekah.

2. Sedekah menjadi penghapus dosa. Saat kita memberi kepada orang lain dan mereka merasakan kebahagiaan maka hal ini bisa menjadi salah satu cara penghapus dosa kita. Hadist Rasulullah SAW yang mana berbunyi," Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api" (HR Tirmidzi).

3. Sedekah sebagai naungan di hari akhir, yang mana selain menapatkan ampunan yang besar dari Allah SWT, seseorang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir nanti. 

4. Adanya pintu surga khusus untuk yang gemar bersedekah. HR Bukhari dan Muslim,"Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka dia akan dipanggil oleh salah satu pintu surga".

5. Terbebas dari siksa kubur. Well, di hari akhir nanti, selain bisa melewati pintu khusus menuju surga, seseorang yang bersedekah akan terbebas dari siksa kubur yang menyedihkan.

So, kawan-kawan inilah saatnya kita rutin bersedekah karena sudah mengetahui keutamaannya. Apalagi ini bulan ramadhan semakin baik untuk terus berbagi kepada orang lain terutama yang membutuhkan.


You Might Also Like

0 Comments

Hai, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Subscribe