5 Cara Menggunakan THR Secara Tepat

Mei 19, 2019

Memasuki ramadhan hari ke 14 mungkin sebagian dari kita sudah membayangkan akan mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya). Kawan-kawan ada yang sudah mendapat THR dari perusahaan tempat bekerja?. Well, semua akan merasa senang jika sudah berhubungan dengan uang tapi tidak semua orang akan mendapatkan THR. Lho kok gitu? Yeah, bisa jadi bukan pekerja, kalo freelancer atau pengusaha kan ada jatah dana sendiri dari usaha pribadi yah.

source: finansialku

Semua ingin rasanya kebagian THR saat lebaran apalagi anak-anak akan semakin senang saat kita pun turut membagikan uang. Kadang semua memang harus disyukuri, pekerja yang harus bekerja full time akan bahagia saat mendapatkan THR, begitu juga freelancer yang waktunya lebih bebas maka jangan sedih jika tidak dapat THR.

Tetapi ada banyak juga yang justru galau saat lebaran karena ternyata THR cepat sekali habis dan hanya meninggalkan kenangan kesedihan. Uh, aku pun pernah merasakan begitu karena seolah duit banyak sampai lupa menyisihkan untuk tabungan. Ketika THR mendarat di rekening terlihat bahagia, semua yang diinginkan dibeli saja apalagi saat berjalan-jalan ke mall, mata pun liar sana sini ingin memiliki barang-barang yang dijual.

Well, agar menghemat THR yang sudah didapatkan, aku ingin berbagi cara kepada kamu semuanya. Beberapa hal yang aku lakukan untuk menghemat THR adalah sebagai berikut:

source: kompas.com

1. Catat Kebutuhan Lebaran

Sehari-hari pun biasanya aku mencatat segala kebutuhan yang ingin dibeli apalagi ini memang menjelang lebaran. Ada banyak sekali godaan untuk belanja, terkadang yang hanya keinginan pun bisa terbeli lebih banyak. Nah, aku punya solusi untuk kawan semua mencatat segala kebutuhan lebarannya agar tidak khilaf membelanjakan uang.

2. Berikan Kepada Orang Tua

Sebagai anak yang taat dan menyayangi orang tua maka ketika THR itu sudah mendarat ke rekening tidak ada salahnya memberikan orang tua terlebih dahulu. Jangan nanti tunggu sudah habis baru diserahkan, kita harus menyerahkan di awal sebelum membelikan kebutuhan lain. Yeah, jika orang tua sudah tiada, bisa memberi kepada yatim piatu atau fakir miskin. Pokoknya uang itu disedekahkan dengan tepat.

3. Bersedekah

Well, namanya berbagi tidak akan mengurangi, aku cukup percaya dengan hal ini. Saat kita memberikan rezeki lebih kepada orang lain yang membutuhkan tentunya tidak akan mengurangi jumlah harta. Justru bisa lebih bahagia dan hati damai serta tenang. Saat uang THR disedekahkan maka tidak perlu sedih atau merasa uang habis karena bisa menjadi berkah untuk kita.

4. Simpan Tabungan

THR dengan jumlah sedikit maupun banyak harus tetap ditempatkan secara tepat. Simpan tabungan pada rekening berbeda dari yang digunakan sehari-hari. Jika belum ada rekening kedua, maka tidak ada salahnya untuk mencoba buka rekening baru agar khusus untuk uang yang disimpan tanpa diganggu gugat.

5. Investasi

Uang yang hanya disimpan mungkin tidak akan bisa berkembang maka investasikanlah. Ada beranekaragam investasi masa kini, seperti emas, reksadana maupun investasi lainnya. Semua bisa dilakukan dengan mudah, tidak perlu mencoba yang sulit. Ada banyak yang menawarkan investasi sederhana, nah sisihkanlah dana dari THR untuk investasi tersebut.

Well, itulah cara menggunakan THR secara tepat yang bisa kamu lakukan saat nanti sudah cair dari perusahaan atau untuk kamu freelancer yang tidak mendapat THR bisa juga dengan menggunakan uang penghasilan yang kamu terima jelang lebaran.

You Might Also Like

2 Comments

  1. Bener banget. Nyatet kebutuhan lebaran tuh manjur buat menghemat THR biar gak beli barang-barang diluar kebutuhan

    BalasHapus
  2. Kaak, yg nomor 5 ini aku belum bisa kak. Suka khilaf, kadang kalau ada yg menarik hati langsung deh pake dana investasi dan batallah rencana jangka panjang 😥😥😥

    BalasHapus

Hai, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Subscribe