Cara Meningkatan Rasa Percaya Diri Berbicara di Depan Umum

November 14, 2019

Cara meningkatkan rasa percaya diri berbicara di depan umum. Saya sering menerima pertanyaan tentang bagaimana caranya untuk meningkatkan rasa percaya diri berbicara di atas panggung. Yeah, berbicara di depan khalayak umum memang tidak mudah namun bisa dilakukan jika terbiasa melatihnya.

Cara meningkatkan rasa percaya diri berbicara di depan umum

Cara meningkatkan rasa percaya diri berbicara di depan umum


Awalnya, saya juga seorang introvert yang tidak terlalu berani untuk berbicara dengan orang banyak. Dahulu, sering berpikir bahwa fisik yang tidak cantik akan ditertawakan dan diremehkan ketika bicara. Namun, seiring proses berjalan menyadari bahwa semua wanita itu cantik. Tingkat kecantikan aja yang berbeda dan perspektif sih mendefinisikan kata cantik itu seperti apa.

Sejak sekolah memang sudah aktif berorganisasi di berbagai bidang, mulai dari organisasi berhubungan dengan kesehatan, kepemudaan dan lain sebagainya. Saat itu mungkin belum menjadi idola panggung tapi melatih diri untuk mulai memberikan masukan ketika ada rapat-rapat yang diselenggarakan organisasi. Hingga sekarang menjadi terbiasa untuk berbicara di forum lokal maupun internasional. Sst,, sesekali tetap ada rasa nervous kok apalagi saat bertemu orang-orang baru ketika berbicara di atas panggung.

Cara meningkatkan rasa percaya diri berbicara di depan umum

Cara meningkatkan rasa percaya diri berbicara di depan umum


Well, Ririn Wandes punya beberapa cara meningkatkan rasa percaya diri berbicara di depan umum yang sudah memang terbukti bisa menjadikan saya bisa bicara di berbagai forum.

Latihan Bicara Sendirian

Bicara di Depan Cermin

Berbicara di depan cermin bisa melatih kepercayaan diri walaupun terkesan aneh untuk yang belum biasa melakukannya. Saya dulu suka bicara sendiri loh, saat berdandan di depan cermin pasti menyempatkan diri sambil ngobrol. Seolah-olah seperti ratu yang ada dalam film kartun deh, percayakan diri bahwa kita hebat dan mampu menjadi yang terbaik. Ketika melihat cermin ajak aja bicara diri sendiri,yakinkan bahwa kita sosok yang cantik, menawan, dan memiliki kemampuan yang baik. 

Bicara di Kamar Sendiri

Pernah bicara sendiri dengan boneka?. Hmm, dulu saya juga melakukan itu saat masih kecil. Seolah-olah semua boneka itu adalah kawan sendiri, anggap saja mereka mendengarkan kita. Kamu bisa melakukannya di kamar sendiri agar tidak terlihat oleh orang lain. Bicarakan saja apa yang mau dibicarakan, kamu kan sendirian di kamar sehingga tidak perlu malu.

Ajak Teman Untuk Mendengarkan


Saya mulai suka ngobrol dengan teman seumuran itu ketika beranjak remaja. Memilih teman yang sejalan akan membuat kita lebih nyaman. Meskipun hingga saat ini masih sulit untuk curhat tentang hal pribadi kepada orang lain tapi saya suka membagikan segala informasi dan pengetahuan yang dimiliki. Bicara itu kan tidak harus hal personal, mengajak ngobrol tentang suatu topik tertentu juga bisa menjadi latihan untuk berdiskusi. Nantinya, bisa terbiasa ngobrol dengan group yang lebih besar lagi.




Rajin Membaca Buku


Saya percaya bahwa kemampuan yang dimiliki hingga hari ini juga hasil dari rutin membaca buku di masa lalu. Mengumpulkan banyak kosakata sehingga terbiasa mengeluarkan kumpulan kata-kata tersebut ketika berbicara. Selain itu, ada alasan lainnya harus membaca buku setiap hari, saya sudah menuliskan selengkapnya. Silahkan dibaca Inilah 5 Alasan Harus Membaca Buku Setiap Hari.

Buat Video, Upload ke Youtube

Kamu yang ingin meningkatkan rasa percaya diri juga bisa melatih buat video dan unggah ke channel youtube. Coba saja bicara di depan kamera smartphone saat sedang berada di suatu tempat. Yeah, seolah-olah bergaya seperti vlogger, informasikan yang ada di sekitar. Ada banyak juga yang bilang kok bisa sih bicara lancar di depan kamera, buat insta story gitu. Well, itu juga karena dilatih sih makanya terus percaya diri aja mengunggah ke youtube,



Nah, sudah tahu kan caranya, coba deh diterapkan agar terbiasa nantinya percaya diri berbicara di depan umum. Selain itu, travelling sendirian dan belajar banyak budaya baru juga bisa kok melatih kemampuan berbicara dengan orang lain. Silahkan baca juga Travelling di Pulau Jawa.














You Might Also Like

17 Comments

  1. saluuut, kamu memang keren sih mba. aku sendiri blm terbiasa utk bicara di depan umum. kalo cuma sebatas kantor msh okelaaah... tp dalam lingkup yg lbh besar, ntr duluuuuu :p. latihannya ga cukup . makanya sampe skr aku ga prnh bikin video youtube ato instastory kan. krn memang ga PD intinya... lbh suka di belakang layar, ato menuliskan di blog.

    pgn berubah sih. kalo aku jd resign thn depan , aku udh niat mba, mau bljr yg baru seperti bikin video. jd mau ga mau kan latihan bicara juga :)

    BalasHapus
  2. Asik asik...!!
    Ini tips yg dibutuhkan BUANYAAAAKK manusia di muka bumi, sist
    Ngga cuma mahasiswa, buibu juga butuh tips ini lho

    BalasHapus
  3. Wah, berarti mestinya jaman now semakin terbantu ya keberanian berbicara di depan umum dengan kemajuan teknologi

    BalasHapus
  4. saya masih harus belajar lagi bicara tanpa ada e...e...e... tipsnya sangat membantu saya untuk terus belajar di depan umum

    BalasHapus
  5. Mantap kakak tips dan tricks nya cara meningkatkan percaya diri berbicara di depan banyak orang, di sekolahan jarang nih info gini di dapat

    BalasHapus
  6. Aha, jadi dari kecil sudah dibiasakan mengeluarkan pendapat di organisasi ya.

    BalasHapus
  7. Wah jadi ingat pertama kali ngomong di depan umum sewaktu anak anak masih kecil

    Cuma ngomong di depan teman teman sesama ortu, tapi gemetar bukan main 😁😁😁

    BalasHapus
  8. Aku masih agak kesulitan penguasaan bahas asing kakak. Kalau lainnya itu agak mudah dipelajati

    BalasHapus
  9. public speaking ini ilmu buat siapa aja. Bukan cuman yang suka cuap-cuap di depan umu, tapi kita blogger juga wajib punya ilmu public speaking. kalau bertanya pas lagi ada event, yaa ilmu publis cpeaking nya dipake.

    thanks banget kak sharingnya.

    BalasHapus
  10. Tips dan triknya sangat mwmbantu mbak. Kalo gk dilatih dan dicoba terus pasti akan grogi dan gk tau gimana untuk kuasai keadaan. Biasanya 5 menit pertama penetunya.

    BalasHapus
  11. Makasih tipsnya kak..
    Akan kuprakyekkan, akan mulai rajin bikin koten youtube ah

    BalasHapus
  12. Public speaking ya mbak. Duh, ini masalah saya banget 🥴🥴 wah, maakaih yaa tipsnya. Mudah2an bisa saya contoh biar pede ngomong di depan orang banyak.

    BalasHapus
  13. Keren nih jadi pembicara di Womenwill, aku sebenarnya kalo terpaksa juga berani bicara di depan umum. Tapi tergantung juga dengan topik pembicaraan, kalo nggak menguasai memang jadi nervous. Tips nya keren nih, makasih ya Rin

    BalasHapus
  14. Aku...aku gak bakat kayanya, kak...berbicara di khalayak umum.
    Soalnya jadi MC itu butuh ilmu dan respons yang sigap untuk menghadapi suasana.
    Sedangkan kalau sudah terjadi, gak bisa dihapus dan tertancap di benak orang.
    Huhuu~
    Betapa berat tanggung jawabnya yaa...
    Salut sama kak Ririn.

    Goo....kak Ririn!

    BalasHapus
  15. Nah nah ini tips penting buat nambah pede kita disaat public speaking. hal hal yang kecil bisa merubah karakter yg awalnya introvert menjadi sesorang yang terbuka

    BalasHapus
  16. Makasih banyak Mba, duh aku seneng banget dapet tips yang aku butuhkan
    emamng kadang tampil di depan umum kalo ga kepaksa aku gorogi
    semoga aku juga bisa praktik step by step ah.

    BalasHapus
  17. Makasih Mbak Ririn atas tipsnya, yang ngomong di depan cermin aku belum pernah praktekin nih,coba kapan-kapan ah.

    BalasHapus

Hai, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Subscribe