Sesi Pitching dan Closing Ceremony YSEALI Empowering Southeast Asian Educators 2019

November 06, 2019

Hari terakhir kegiatan YSEALI ini mungkin sedikit membawa kesedihan karena setelah beberapa hari bersama akan berpisah. Sesi pitching dan farewell dinner akan diadakan hari ini, seluruh group mulai bersiap untuk menampilkan yang terbaik. Saya dan group memang tidak mengharapkan kemenangan tapi memberikan penampilan yang maksimal tentu harus dilakukan.

Silahkan baca juga Mencoba Hal Baru Efek Ikut YSEALI 2019



Seperti hari-hari sebelumnya, pagi hari sebelum masuk ke ruangan utama Pullman One, seluruh peserta harus melakukan check in a.k.a absensi kepada panitia. Setelah sarapan dan bersiap maka acara selanjutnya pun dilanjutkan. Pagi hari dimulai dengan sesi pitch 101 kemudian sharing bersama para mentor.

Walkabout Session

Berdiskusi bersama kelompok terus dilanjutkan sambil masing-masing melatih untuk tampil di atas panggung nantinya. Kami pun sudah mendapatkan nomor penampilan yang nantinya maju pada urutan yang lebih dekat. Rasanya semakin dagdigdug deh karena khawatir tidak bisa lakukan yang terbaik. Nah, sambil berdiskusi, beberapa anggota kelompok harus berkeliling saling bertanya dengan kelompok lain. Inilah yang dinamakan walkabout session untuk saling berdiskusi dan berbagi apa yang dibahas pada masing-masing kelompok.

Calls with Country Coordinators

Saat sesi ini, kami seluruhnya yang perwakilan dari Indonesia berkumpul dan melakukan panggilan video dengan koordinator yang berada di Indonesia. Partisipan lainnya juga melakukan hal yang sama, saling berkenalan dengan para koordinator. Kami mulai berkenalan dan diberikan informasi untuk bergabung di group alumni YSEALI agar bisa terus saling berkoneksi satu sama lain.

Pitching Time

Well, inilah waktu yang paling mendebarkan ketika harus mempresentasikan isi diskusi di hadapan para dewan juri. Semua juri merupakan orang-orang kredibel di bidangnya sehingga tentu ada rasa degdegan apalagi di hadapan seluruh peserta lainnya juga. Sesi pitching menghabiskan waktu cukup lama karena seluruh kelompok beserta anggota harus tampil dan berbicara di atas panggung.



Closing Ceremony dan Farewell Dinner

Yeah, akhirnya seluruh rangkaian kegiatan akan berakhir malam ini. Kegiatan workshop sudah selesai dan tidak ada lagi tugas yang membuat dagdigdug. Saatnya menampilkan pakaian tradisional terbaik dari daerah masing-masing. Kami pun disuguhkan dengan aneka tarian tradisional dari Borneo tentunya mengundang untuk ikutan bernari.

source: yseali edukl

source: yseali edukl


Nah, pada saat penutupan ini juga kami bertemu dengan perwakilan dari kedutaan Indonesia. Kemudian, sertifikat diserahkan dan nama kami dipanggil untuk naik ke atas panggung. Wah, senang sekali rasanya bisa berada di panggung internasional. Dan terakhir tentunya para pemenang yang sudah menampilkan pitching terbaik juga dipanggil ke atas panggung. Bahagia sekali wajah dari para tim yang menang karena hadiah yang diberikan bukan sedikit, tentunya juga hitungan mata uang ollar untuk uang yang diberikan kepada kelompok terpilih.

source: yseali edukl


Saya bersedih karena ini artinya sudah tidak ada lagi menghabiskan larut malam untuk berdiskusi. Yeah, sudah tentu harus berpisah dan tidak ada canda tawa di hari esok karena malam ini beberapa teman bahkan sudah kembali ke rumahnya yang memang masih berada di area seputar Malaysia. Kami pun tidak lupa untuk mengabadikan momen foto bersama agar kenangan tetap terjaga.




Finally, tulisan tentang YSEALI sudah selesai hingga closing ceremony. Hari kepulangan di esok harinya tidak saya bahas secara terpisah karena pada hari tersebut saya hanya menikmati kolam renang Pullman Hotel dan kemudian pindah hotel untuk melanjutkan beberapa hari di Kuala Lumpur.












You Might Also Like

8 Comments

  1. Asyik ya..kalo eventnya rame gini..banyak diskusi ..banyak ilmu yang diserap.. waktu gak berasa lewat .

    Selamat juga buat pemenang..

    BalasHapus
  2. Informasi baru nih. Menarik banget mba. Beruntung bisa jadi salah satu bagian dari YSEALI

    BalasHapus
  3. So inspiring mba, gak semua bisa dapat kesempatan kaya mba :) acara nya keren pula ;)

    BalasHapus
  4. Seru sekali acaranya. beberapa hari yang padat ilmu dan karya. Selamat ya menjadi salah satu peserta.
    Hemmm... Pasti sepulangnya dari acara jadi banyak teman baru hehehe

    BalasHapus
  5. Yaa Allah kak keren abnget sih prestasinyaa, panutan banget nih buat dicontoh prestasinyaa hehe. Selamat yaa kak btw, sukses terus kedepanyaa yaah :)

    BalasHapus
  6. Akhirnya tulisan ini tayang dan bisa kubaca juga. Sebagai yang dulu waktu kuliah, mantan anak konferensi sana sini, jadi terbayang dan teringat Ka, walaupun aku belum sempat jajal YSEALI karena keburu dipinang dan masuk geng nikah muda. Hmm ... apa masih bisa kucoba kapan kapan ya?

    BalasHapus
  7. Banyak ketemu teman dan mentor baru bikin nambah ilmu dan silaturahmi.
    Sukses utk acaranya 👍

    BalasHapus
  8. Pasti berkesan banget ya Mbaa, apalagi setelah beberapa hari dijejali ilmu yang penuh "gizi", belum lagi kebersamaannya yang memorable. Kereeen..

    BalasHapus

Hai, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Subscribe