Inilah 5 Alasan Harus Membaca Buku Setiap Hari

November 12, 2019

Inilah 5 Alasan harus membaca buku setiap hari - Sebagai penggiat literasi digital tentunya aktivitas membaca tidak pernah ketinggalan. Setiap hari membaca buku menjadi aktivitas menyenangkan baik bacaan dalam bentuk digital maupun buku yang sudah dicetak.

Reading Book Activity


Setiap bulan, saya mengalokasikan dana untuk membeli buku minimal bisa punya sebuah yang baru untuk dikoleksi. Ada beberapa alasan tentunya kenapa harus membaca buku setiap hari meskipun setiap orang punya alasan yang berbeda-beda. Salah satu penyebab keberhasilan hingga saat ini juga adalah karena pengaruh buku-buku yang sudah saya baca. Saya bisa ikutan Program YSEALI Empowering Southeast Asian Educators pun karena sering baca buku dan mendapat referensi untuk menulis essay sebagai syarat dalam proses seleksi.


Seperti kita ketahui bahwa buku adalah jendela dunia, buku juga merupakan gudang ilmu. Tentunya dari aktivitas membaca buku ini ada banyak manfaat yang didapatkan. Menurut penelitian pun bisa mengusir rasa kesepian loh. Terkadang saya pun bisa berbicara dengan diri sendiri ketika dalam proses membaca buku baik itu fiksi maupun non fiksi. Berbicara dalam artian seperti otak diajak untuk mengelola sesuatu dan mendapatkan sebuah gagasan baru. Well, tanpa menunggu terlalu lama, kita langsung baca yuk selengkapnya di bawah ini:

Inilah 5 Alasan Harus Membaca Buku Setiap Hari


1.Menguatkan Memori Pikiran


Pernahkah kamu mengalaminya?. Saat sering membaca, kamu bisa merasakan memori pikiran semakin kuat. Otak seperti terlatih untuk mengingat,yah saat membaca kadang kita pun harus mengingat tulisan dari halaman sebelumnya kan. Menurut Presiden dan Direktur Penelitian Haskins Laboratories, Key Pugh , Phd kepada majalah Oprah bahwa membaca dapat memberikan pelatihan yang berbeda dibandingkan menonton televisi atau mendengarkan radio.

Ketika membaca tuliisan yang ringan sekali pun, otak kita terasah untuk berimajinasi, kemampuan lainnya pun ikut berfungsi seperti bahasa dan pembelajaran asosiatif. Yeah, semua terhubung dalam sirkuit tertentu ketika membaca. Nah, kemampuan membaca ini dapat memicu otak dalam berpikir dan berkonsentrasi.

Reading Book Activity


2. Meningkatkan Kecerdasan


Apakah kamu percaya bahwa membaca buku itu bisa meningkatkan kecerdasan?. Ada banyak orang-orang sukses yang memiliki kecerdasan yang baik juga karena rutin melakukan aktifitas membaca. Dr. Seuss pernah mengatakan bahwa "The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you will go". Hmm, itu artinya bahwa semakin banyak yang kamu baca maka bisa memperluas pengetahuan dan mendatangkan banyak pembelajaran baru.

Reading Book Activity


3. Mengurangi Stress


Duh, stress maupun depresi sepertinya sudah sering menghampiri kita di era digital ini. Apakah kamu salah satunya?. Membaca buku ternyata bisa mengurangi stress tersebut, kok bisa?. Well, ada penelitian yang dilakukan di Inggris dengan sampel yang melakukan aktifitas merangsang kecemasan. Peserta diminta mendengarkan musik, ada yang membaca dan ada pula bermain games. Setelah aktifitas tersebut selesai dilakukan dan penelitan selesai, diketahui hasilnya bahwa peserta yang membaca tersebut mengurangi 67 % tingkat stressnya. 

Reading Book Activity


4. Mencegah Penyakit Alzheimer


Apakah kamu mengetahui tentang penyakit alzheimer?. Beberapa bisa jadi sudah mengetahui tentang penyakit tersebut. Alzheimer adalah penyakit pada otak yang mana menyebabkan penurunan daya ingat dan fungsi kognitif seseorang. Hingga saat ini katanya belum ada obat untuk penyakit tersebut namun ternyata bisa dicegah loh. Hmm, dengan melakukan aktifitas membaca salah satunya bisa mencegah penyakit alzheimer tersebut.

Berdasarkan penelitian dari Rush University, Medical Center bahwa aktifitas sehari-hari sangat berpengaruh terhadap fungsi kerja otak sehingga tidak bisa disepelekan begitu saja. Nah, mulai sekarang mulai deh untuk melatih otak dengan kegiatan membaca buku yang rutin dilakukan. 

5. Menumbuhkan Rasa Empati


Apa kira-kira hubungan antara membaca buku dan rasa empati?. Ada yang mau bantu beri pendapat di kolom komentar?. Well, empati itu sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk menyelami pemikiran dan keadaan emosional orang lain. Ada berbagai cara untuk membangun rasa empati tersebut. Menurut hasil penelitian dari The New School for Social Research bahwa dengan membaca buku-buku fiksi dapat membantu seseorang untuk memahami apa yang dipikirkan orang lain dari emosi yang ada.

Itulah kelima alasan kamu harus rutin membaca buku setiap hari. Saya pun masih aktif terus melakukannya. Ada waktu khusus yang memang disediakan untuk membaca sehingga tidak ada alasan untuk tidak sempat karena rutinitas yang padat. So, buku apa yang sudah kamu baca hari ini?. Mana tahu sudah kehabisan stock buku silahkan belanja buku di Toko Buku Gramedia yang tersebar di banyak kota dan ada toko online.


You Might Also Like

2 Comments

  1. Sepakat..terutama untuk yg mengurangi stress... saya sudah merasakan manfaat dari membaca buku secara rutin

    BalasHapus

Hai, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Subscribe