Opening Ceremony YSEALI Empowering Southeast Asian Educators (SEA) 2019 (Workshop Day 1)

November 04, 2019

Kegiatan YSEALI (The Young Southeast Asian Leaders Initiative) Empowering Southeast Asian Educators 2019 di hari kedua tidak kalah menyenangkan dari hari pertama. Ada banyak kegiatan seru yang dilakukan oleh partisipan dan tim. Beberapa pembicara membimbing kegiatan di hari pertama workshop selama berada di Kuala Lumpur. Keseruan hari ketibaan bisa dibaca Pengalaman Mengikuti YSEALI Empowering SEA Educators (Arrival Day).




Yoga Class in the Morning

Bangun tidur di pagi hari, saya langsung menuju kelas yoga berhubung sudah mendaftar malam tadi. Aktivitas yoga memang tidak dipaksakan untuk seluruh peserta tapi memang banyak yang berminat meskipun harus merelakan bangun pagi. Yoga dimulai pukul 07.00 am waktu setempat sehingga sebelum waktunya sudah berkumpul di Garden by The Poolside, level 10 yang tidak jauh dari kolam renang Pullman Hotel.

source: yseali edukl team


Breakfast at Sedap Kitchen

Selesai melaksanakan aktivitas yoga memang paling enak untuk santai di pinggir kolam tapi sayangnya masih ada banyak agenda yang baru akan dimulai hari ini. Sarapan pagi seluruh peserta dan tim beserta para mentor di Sedap Restaurant. Yeah, agenda berikutnya akan dimulai pukul 09.00 am sehingga harus cepat menyelesaikan sarapan pagi. Saya memilih sarapan yang ringan, nikmati aneka cake yang lucu dan penuh warna menarik. Duduk di antara teman-teman baru menjadi sesuatu yang asik karena bisa saling bertukar pikiran.

Panel Session

Sebelum acara pembukaan, ada sesi untuk check in ulang dimana seluruh peserta harus absensi terlebih dahulu setiap pagi sebelum memasuki ruangan Pullman One. Hal ini agar seluruh peserta tetap aktif berpartisipasi di dalam acara dan tidak ada yang berpergian keluar dari kegiatan. Setelah seluruh peserta berada di dalam ruangan maka kami disajikan dengan overview dari pendidikan yang ada di Asia Tenggara. Dalam sesi ini saling berdiskusi melihat keadaan pendidikan saat ini kemudian ada sesi diskusi pre-workshop hingga pukul 10.30 untuk break.

Opening Ceremony

Acara selanjutnya adalah opening ceremony yang langsung dihadiri oleh perwakilan dari Asia Foundation, US Embassy. Kegiatan pembukaan begitu menggembirakan karena terasa kehangatan dari seluruh pihak terkait. Suasana begitu menyenangkan dan bisa saling bersinergi untuk pendidikan yang lebih baik di Asia Tenggara.

source: yseali edukl team


Lunch Time

Selesai aktivitas bersama tim ambassador, waktu sudah menunjukkan pukul 12.30 pm dan ini waktunya istirahat dan makan siang. Seluruh peserta sudah diperbolehkan untuk menuju Sedap Restaurant.

Demo Session Science Bridge Academy

Selanjutnya, kami mengikuti aktivitas seru dari Science Bridge Academy yaitu membuat aneka keterampilan untuk mengajarkan science yang jauh lebih menyenangkan di dalam kelas. Tim panitia memberikan beberapa perlengkapan yang kemudian kami buat menjadi sesuatu. Canda tawa hadir di tengah suasana aktivitas ini, senang sekali rasanya bisa aktif menciptakan kreatifitas untuk anak-anak.


Pullman Hotel KLCC


Pembagian Kelompok Panel Session

Setelah makan siang, seluruh peserta dibagi sesuai minat masing-masing. Sebelumnya, kami diberikan selembar kertas yang harus diisi dengan pilihan panel session yang ingin diikuti. Ada beberapa panel sesion diantaranya yaitu : Powerful Lesson Initiative, Project Based Learning (PBL) with Literature, Theatre and Arts, Drawing Lessons from the Homeschooling Community, dan Alternative Learning in Action.

Saya memilih untuk bergabung dengan sesi PBL with Literature, Theatre and Arts. Kami memasuki ruangan yang lebih kecil dan bertemu dengan mentor yang memang ahli pada bidang tersebut. Belajar seni teater dan langsung mempraktekkan bersama teman kelompok yang ada di ruangan tersebut. Aktivitas ini menyenangkan karena bertemu dengan tim yang berbeda dengan sebelumnya. Selain itu, saat berperan di depan dengan karakter khusus yang baru dibuat pada saat itu juga tentunya menambah pengalaman.

YSEALI Empowering Educators Program Beasiswa gratis dari Amerika
source: yseali edukl team


Dinner and Discussion

Makan malam yang menyenangkan di Sedap Kitchen dengan sajian yang lezat oleh koki profesional. Saya dan teman kelompok memulai diskusi kembali malam ini, kami membahas lanjutan tema yang sebelumnya sudah dibahas sebelum workshop. Sedap Kitchen Pullman Hotel memiliki ruangan yang luas sehingga kami bisa berlama-lama makan sambil berdiskusi. Semua makanan memang paket makan dari hotel yang mana tentunya "all you can it".

Sedap Kitchen Pullman Hotel KLCC


Ssstt, keseruan di hari berikutnya masih ada loh, pokoknya harus tetap tungguin di blog saya yah. Btw, untuk yang mau tahu Proses Seleksi YSEALI 2019 boleh dibaca juga informasinya.




You Might Also Like

0 Comments

Hai, Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Subscribe