Mencoba Hal Baru Efek Ikut YSEALI Empowering Southeast Asian Educators 2019 (Day 2)

November 05, 2019

Pertama kali nyobain masuk Pertrosains mungkin sedikit takjub karena entah berapa kali sudah ke Kuala Lumpur tapi baru kali ini bisa masuk kesini. Salah satu rasa syukur terpilih menjadi bagian YSEALI ( Young Southeast Asian Leaders Initiative) ini adalah bisa mencoba hal-hal baru yang selama ini belum dicobain. Pengalaman hari pertama mengikuti YSEALI bisa dibaca juga yah biar bisa mengikuti keseruan dari awal.

Di hari kedua mengikuti YSEALI, saya tidak mengikuti kegiatan yoga di pagi hari karena mempertimbangkan waktu yang mepet dengan agenda berikutnya. Bangun pagi pun bermalas-malasan karena malam hari nya kumpul bareng teman-teman couchsurfing di area Bukit Bintang.

Setelah bersiap-siap langsung sarapan pagi di restoran Jepang yang ada di hotel berhubung restoran yang biasa penuh oleh antrian para tamu hotel lainnya. Masakan ala Jepang sekalipun tetap memiliki varian yang bisa dinikmati oleh lidah Indonesia seperti saya. Para peserta sudah menggunakan kaos yang diberikan oleh panitia berwarna hitam elegan sehingga ruangan restoran dipenuhi oleh peserta dan tim YSEALI.

Parallel Sessions

Selesai sarapan dan melakukan daily check in maka lanjut dengan aktivitas parallel sessions. Para peserta masuk ke dalam sesi masing-masing yang sudah dipilih. Seperti parallel sessions hari kemarin terdapat beberapa sesi diantaranya yaitu Project management and social media tools, Assessment Methods, Inquiry for Large Classes, dan Flipped Classroom.

Saya memilih untuk masuk di kelas sosial media karena memang ada basic di bidang tersebut. Mentor yang membawakan materi cukup menyenangkann yang mana ada banyak topik pembahasan seputar sosial media dan fotografi yang dipelajar. Kami pun diminta untuk praktek langsung memotret menggunakan kamera smartphone masing-masing.

Perjalanan Me.Reka Makerspace

Berhubung ini memang merupakan kegiatan edukasi maka sudah pasti kami diajak mengunjungi tempat-tempat kreatif yang ada di Kuala Lumpur. Salah satunya yang dikunjungi pertama kali adalah Me.Reka Makerspace. Disini, saya dan peserta lainnya bisa melihat aneka aktivitas kreatif mulai dari pembuatan pakaian hingga mengolah barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berharga tentunya.

Di Me.Reka Makerspace, kami disambut dengan hangat oleh tim yang bekerja disana. Ada banyak wawasan baru yang didapatkan,mulai dari cerita awal terbentuknya Me.Reka hingga ikut membuat sesuatu kerajinan menarik yang juga bisa kami bawa pulang pastinya. Kami membuat mini pouch dari kain sisa yang sudah disediakan semua alat dan bahan oleh tim dari Me.Reka. Selanjutnya kami membuat taman dalam botol yang juga dibuat dengan barang bekas yang bisa diubah jadi sesuatu bernilai.

source: yseali edukl

Pertama Kali Masuk ke Petrosains KLCC

Well, kunjungan yang kedua adalah menuju Petrosains KLCC. Lokasinya memang tidak jauh dari tempat acara YSEALI diadakan. Namun, berhubung kami dari Me.Reka maka memakan waktu yang cukup lama untuk tiba di Petrosains. Saya sudah beberapa kali mengunjungi Kuala Lumpur, begitu juga dengan KLCC tapi ini pertama kalinya untuk masuk ke Petrosains.

Begitu memasuki area Petrosains mungkin belum begitu takjub karena kami masih harus mendengarkan arahan dari tim Petrosains. Kemudian, seorang tim membagikan beberapa eksperimen yang mana kami semua takjub ketika melihat sesuatu yang baru. Ia menjelaskan sedikit proses kerja Petronas. Kami pun tertarik untuk menjelajah lebih jauh yang ada di Petrosains.

Banyak hal menarik bisa dilihat tentunya dan sangat cocok jika membawa anak-anak yang sudah sekolah karena ada banyak ilmu pengetahuan di Petrosains. Mulai dari hal-hal yang berbau sains hingga tentang alat-alat kecanggihan di masa depan. Saya dan peserta lainnya mencoba beberapa atraksi yang ada disana dan tentunya tidak lupa untuk mengabadikan momen.

Nah, selain mengelilingi Petrosains tentunya kami mendapat kesempatan untuk bisa naik ke twin tower. Yeay, senang sekali karena ini adalah pertama kalinya juga bisa naik ke atas jembatan menara kembar. Maklum harga tiket masuk tidak murah sehingga saat ke Kuala Lumpur belum sempat masuk kedalamnya. Tapi, akhirnya saya sudah pernah masuk dan memang tidak terlalu wah dengan harga yang cukup lumayan menguras kantong Tapi, namanya untuk sebuah pengalaman tentunya tidak salah mencoba.

Dinner

Selesai dari Petrosains maka saya dan beberapa teman melanjutkan makan malam. Kami merasa senang saat makan malam bersama di luar. Ada restoran yang menyajikan masakan lezat di KLCC, salah seorang teman yang berasal dari Malaysia menyarankan untuk makan disana. Kami pun makan berempat, Jesica, Samphors dan satu orang laki-laki dari grup lain.

Setelah makan malam, tentunya kami kembali ke hotel karena masih harus berdiskusi lagi dengan teman sekelompok. Yeah, saya, Jessica dan Samphors dalam kelompok yang sama yaitu kelompok 19. Btw, kami berjalan kaki dari KLCC menuju Pullman Hotel dengan sedikit drama tentunya karena kesasar,hhaha.

Well, besok adalah hari terakhir workshop tentunya malam ini kami harus ekstra untuk menyelesaikan tugas-tugas. Kami pun menghabiskan malam hingga berganti hari dan tetap solid bersama-sama.