5 Kegiatan Pengembangan Diri Untuk Sukses Usia Muda, Baca Semua Disini !

Februari 06, 2024

 Kegiatan pengembangan diri saat ini semakin berkembang dan bisa memilih sesuai dengan passion serta tujuan yang mau dicapai. Beragam aktifitas bisa diikuti dan dilakukan demi menunjang produktifitas dan keberhasilan pada usia muda.

Kesuksesan usia muda pun bukan lagi sekedar impian belaka jika melakukan segala sesuatunya secara maksimal. Usaha-usaha yang dilakukan dibalut dalam  kegiatan bermanfaat untuk pengembangan diri sehingga tujuan serta impian bisa diraih.

Kegiatan Pengembangan Diri


Kegiatan Pengembangan Diri Untuk Sukses Muda

Sebelum mengetahui apa saja kegiatan yang dilakukan untuk pengembangan diri pada usia muda maka perlu ketahui pula pengertian dari pengembangan diri tersebut. Dengan mengetahui definisinya tentu kawan-kawan pembaca blog Ririn Wandes akan semakin paham dan semangat lakukan aktifitasnya.

Nah, kali ini, Saya ingin membagikan terlebih dahulu definisi menenai pengembangan diri. Nantinya dari pemahaman mengenai pengertiannya, kawan-kawan bisa mulai lakukan kegiatannya sekarang juga.

Pengertian Pengembangan Diri

Menurut informasi yang diperoleh dari PPM School of Management, pengembangan diri adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas diri, baik di bidang pribadi maupun profesional.

Pengembangan diri ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan individu agar dapat mencapai tujuan hidup yang lebih baik dan sukses. Tentunya siapapun ingin sukses dan meraih keberhasilan di usia muda.

Dari beberapa terminologi mengenai pengembangan diri dapat pula diambil kesimpulan bahwa program pengembangan diri adalah suatu usaha untuk mengembangkan minat dan bakat kreativitas. Tanpa pengembangan diri maka boleh jadi minat atau bakat kreativitas seseorang akan hilang atau tidak berkembang.

Berikut ini adalah contoh kegiatan pengembangan diri yang bisa dilihat untuk dilakukan segera mungkin agar waktu untuk mencapai kesuksesan bisa lebih cepat pula. Tentu tingkat kesuksesan dari setiap orang akan berbeda-beda tetapi jika sudah tetapkan tujuan maka harus yakin bisa diraih.

Contoh Kegiatan Pengembangan Diri

1. Ikut Kursus atau Pelatihan

Kegiatan pengembangan diri untuk sukses usia muda yang pertama bisa dilakukan adalah dengan mengikuti kursus atau pelatihan. Beragam kursus maupun pelatihan semakin mudah ditemukan dan diikuti saat ini.

Informasi pun bisa diperoleh lebih mudah melalui internet atau media sosial teman-teman terdekat. Sekarang semua bisa mengambil kursus online atau offline dengan biaya yang terjangkau bahkan tidak sedikit pula yang gratis.

Menghadiri pelatihan yang berkaitan dengan keterampilan atau bidang tertentu yang ingin dikuasai tentu akan menunjang kesuksesan di usia muda. Coba lakukan pencarian melalui mesin pencari atau media sosial dan temukan sesuai minat agar lebih fokus saat mengikuti kursus atau pelatihan.

Tentu saja ketika kita membayar dan mengikuti kursus atau pelatihan berbayar biasanya lebih mendalam yang dibahas. Ilmu maupun keterampilan yang dibagikan juga biasanya lebih detail serta lebih informatif. Maka saran Saya adalah tetap alokasikan budget untuk mengikuti kursus atau pelatihan yang berbayar. 

2. Gabung Komunitas atau Kelompok Pengembangan Diri.

Komunitas pun mulai bervariasi disesuaikan dengan minat para membernya. Kamu yang ingin melakukan pengembangan diri tentu perlu bergabung dengan komunitas atau kelompok minat yang sesuai dengan hobi atau minat. 

Kegiatan Pengembangan Diri



Kamu dapat memberikan kesempatan untuk belajar dari orang lain dan memperluas jaringan sosial. Peroleh pengetahuan maupun skill dari orang-orang yang sudah jalani terlebih dahulu atau sukses pada bidang tersebut. Tentu akhir yang diharapkan adalah bisa punya wadah berkembang dan sukses bersama dalam komunitas.

3. Membaca

Membaca merupakan aktifitas yang menyenangkan bagi para bookworm. Tidak sedikit pula yang rela membelanjakan banyak buku terutama untuk selalu update mengenai tips atau informasi terbaru. Kegiatan membaca tentu tidak hanya terbatas pada buku bacaan saja, terutama saat ini sudah bisa dapatkan beragam bacaan dari artikel di internet.

Membaca buku, artikel, atau sumber-sumber lain yang berkaitan dengan bidang minat atau profesi dapat membuka wawasan dan pengetahuan baru. Hal-hal terkait yang kamu butuhkan pun bisa diperoleh lebih mudah melalui tulisan-tulisan dalam bacaan yang kamu baca. 

Kegiatan Pengembangan Diri



Jika kamu membutuhkan referensi untuk buku bacaan inspiratif maka bisa pilih rekomendasi dari Ririn Wandes. Berikut ini buku inspiratif sukses muda yang bisa ditemukan di beragam toko buku baik online maupun offline.

4. Berpartisipasi Ikut Seminat atau Workshop

Membayangkan ketemu banyak orang dalam sebuah forum kegiatan secara offline pastinya sangat menyenangkan bagi kaum introvert. Tapi bagi kamu yang mau mengembangkan diri tentu jangan malu agar bisa ikutan seminar atau workshop.

Ikut serta dalam seminar atau workshop yang menawarkan wawasan baru, keterampilan praktis, dan kesempatan untuk berjejaring dengan orang-orang dalam bidang yang sama semakin menyenangkan. Motivasi untuk pengembangan diri pun semakin kuat saat bertemu dengan beragam orang baru yang sefrekuensi.

5. Berolahraga dan Jaga Kesehatan

Berolahraga dan jaga kesehatan itu sangat penting. Kenapa termasuk kegiatan pengembangan diri? Karena melakukan kegiatan fisik secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental, serta meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

Kegiatan Pengembangan Diri



Dari kegiatan berolahraga yang dilakukan maka menjaga tubuh tetap sehat. Ketika bergabung ke tempat gym atau pusat kebugaran lainnya akan bertemu orang baru. Nah, tentu bisa saling berjejaring dan komunikasi buat pengembangan diri.

Well, itulah kegiatan pengembangan diri untuk sukses usia muda yang sudah bisa kamu lakukan sekarang. Tentu kegiatan yang bermanfaat jangan ditunda lagi agar keberhasilan pun di usia muda segera bisa diraih.











You Might Also Like

0 Comments

Hello,friends
Mari tinggalkan kesan dan pesan untuk penulis

Subscribe