Lakukan Sekarang 5 Kegiatan Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru!

Februari 20, 2024

 Kegiatan untuk meningkatkan profesionalisme guru tentu semakin beragam di era digital. Semua guru punya peluang dan kesempatan yang sama. Kemudahan akses informasi menjadikan guru jaman now bisa semakin kreatif dan memaksimalkan potensi diri.

Kegiatan Meningkatkan Profesionalisme Guru

Saya pun sering mendapatkan pertanyaan dari beberapa rekan seprofesi baik di lingkungan kerja terdekat maupn luar kota. Tindakan apa saja yang dilakukan untuk mengembangkan diri sebagai guru? Kira-kira seperti itulah pertanyaan yang datang menghampiri. 

Menurut Saya, semua orang punya potensi yang sama namun tentu harus tahu pula bagaimana cara mengembangkannya. Pentingnya untuk mengetahui kegiatan apa saja yang perlu dilakukan terutama untuk meningkatkan profesionalisme sebagai guru.

kegiatan profesionalisme guru


Profesionalisme Adalah

Adakah yang sudah memahami makna dari profesionalisme? Tentu hampir semua bidang pekerjaan dituntut profesionalisme agar semakin maksimal hasil yang diharapkan. Profesionalisme ini memiliki beberapa definisi yang tentu saja hampir mirip. Jika sudah punya profesionalisme maka kita pun bisa kenali ciri-ciri orang sukses nantinya.

Menurut Wikipedia, profesional adalah istilah bagi seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya.

Jika kita lihat definisi lainnya dari profesionalisme adalah bagaimana seorang karyawan bisa menempatkan dirinya selama berada dalam lingkup kerja maupun luar lingkup kerja. Bagaimana seorang karyawan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab, tepat waktu dan memiliki nilai integritas.

Kebanyakan memang profesionalisme ini sering didekatkan dengan aktifitas para pekerja, karyawan atau apapun nama sebutannya. Namun, tentu saja profesionalisme ini bisa juga untuk pemilik usaha, pelaku bisnis dan lain sebagainya.

Prinsip Profesionalisme

Prinsip-prinsip profesionalisme tentu harus terus dijaga dan dipertahankan bahkan ditingkatkan agar lebih baik. Profesionalisme juga dapat dimaknai sebagai sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi, agar senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kemampuannya sesuai aturan serta etika yang berlaku.

Kegiatan Profesionalisme Guru

Guru era digital dituntut untuk semakin kreatif dan terus berinovasi agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan tentu meningkatkan daya saing para peserta didik. Beragam lembaga pelatihan pun menawarkan aneka kegiatan baik yang bekerjasama dengan pemerintah maupun dilaksanakan oleh pihak swasta.

Pengembangan diri bagi seorang guru tentu sangatlah penting mengingat begitu cepatnya perkembangan teknologi dan kemampuan peserta didik dalam mengakses beragam informasi di luar dari pembelajaran di dalam kelas maupun lingkup sekolah.

Sebagai seorang pendidik, Saya pun banyak mengikuti kegiatan-kegiatan demi mendukung pengembangan diri sebagai guru serta meningkatkan profesionalisme. Beragam aktifitas yang diikuti pun mulai dari tingkat kabupaten hingga internasional. Semua ini demi terwujudnya profesionalisme guru yang semakin dituntut di era digital seperti sekarang ini.

Inilah beragam kegiatan profesionalisme guru yang bisa kamu lakukan sebagai pendidik:

1. Pendidikan dan Pelatihan Lanjutan

Rekan-rekan yang berteman dengan Saya di beberapa media sosial pasti sering melihat betapa banyaknya kegiatan pelatihan yang diikuti. Beberapa sering pula menanyakan mengenai kelelahan atau kebosanan dalam melakukan kegiatan-kegiatan pelatihan tersebut.

pendidikan dan pelatihan guru



Guru dapat terus meningkatkan kualifikasi dengan mengambil kursus atau program pendidikan lanjutan, baik yang terkait dengan bidang pengajaran maupun yang memperluas wawasan mereka dalam disiplin lain. Bahkan ada banyak sekali sekarang guru yang menambah keterampilan untuk memahami aktifitas di dunia digital.

2. Mengikuti Seminar dan Konferensi


Ada beberapa seminar gratis dan berbayar yang bisa diikuti oleh guru. Dengan melakukan kegiatan pengembangan diri seperti itu tentu diharapkan bisa meningkatkan profesionalisme guru ke depannya. Menariknya lagi jika guru mau mengikuti konferensi yang diawali dengan proses seleksi sehingga semakin dirasakan suasana kompetisi sejak awal.

3. Baca Buku dan Jurnal


Masihkah menarik membaca buku di era gempuran scroll layar smartphone? Tentu saja masih memiliki daya tarik tersendiri untuk baca buku fisik. Memang baca buku ini semakin beragam caranya karena dengan membuka e-book pun bisa menambah ilmu pengetahuan. Hanya saja masih banyak pendidik lebih suka menikmati kata-kata dari buku fisik termasuk Saya juga.

Membaca buku, jurnal, dan artikel terkait pendidikan membantu guru memperluas pengetahuan tentang metode pengajaran, teori pendidikan, dan isu-isu terkini dalam dunia pendidikan. Kemudahan akses informasi saat ini tentu menambah wawasan para guru semakin luas dan tingkat kreatifitas semakin tinggi.

4. Mentoring dan Berkolaborasi

Saya mengikuti beberapa kali kegiatan mentoring yang memang cukup menyenangkan karena bisa berinteraksi dengan sesama guru serta dibimbing guru senior dan profesional. Menerima atau memberikan mentor kepada rekan guru atau guru baru dapat menjadi cara yang efektif untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan dukungan dalam pengembangan profesional.

Ketika Saya bergabung dalam sebuah program pengembangan guru, tentu bertemu dengan pendidik lainnya. Nah, saat bisa berkolaborasi dan saling dukung ini bisa terciptanya semangat serta usaha meningkatkan profesionalisme di bidang pendidikan dan pengajaran.

mentoring guru indonesia



5. Pengembangan Soft Skills

Selain keterampilan pengajaran, guru juga dapat mengembangkan keterampilan soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, kerja tim, dan empati, yang semuanya penting dalam membentuk hubungan yang baik dengan siswa, orang tua, dan rekan kerja.

Hal-hal yang perlu dipelajari pun bisa didapatkan melalui belajar otodidak, mengikuti kelas gratis atau membayar program pengembangan secara online maupun offline. Semua soft skills jaman sekarang bisa dilatih jika sudah tahu apa saja yang mau ditingkatkan dan dikuasai.

Well, itulah kegiatan untuk meningkatkan profesionalisme guru yang perlu diketahui. Tentu saja perlu dilakukan sekarang agar peningkatannya semakin cepat bisa dirasakan. Adakah saran kegiatan lainnya? Yuk boleh beri masukan di kolom komentar bawah ini!













You Might Also Like

0 Comments

Hello,friends
Mari tinggalkan kesan dan pesan untuk penulis

Subscribe