5 Buku Pengembangan Diri Wajib Kamu Baca Sekarang !

Februari 08, 2024

 Membahas buku pengembangan diri memang tidak ada habisnya, selalu saja bermunculan beragam judul terbaru yang memancing untuk dibaca. Sebagai sosok wanita dengan banyak impian tentu butuh sekali buku-buku untuk menunjang pengembangan diri. 

Buku Pengembangan Diri


Buku Pengembangan Diri Wajib Dibaca

Kesuksesan bisa saja diraih dengan usaha-usaha yang dilakukan namun dengan rutin baca buku pengembangan diri semakin meningkatkan value pula. Selama ini, Saya selalu mengalokasikan dana bulanan untuk belanja buku baru. Selain itu, tentu waktunya pun harus dialokasikan khusus untuk baca buku setiap hari.

Well, inilah buku-buku pengembangan diri wajib kamu baca sekarang. Tentunya semua sudah Saya baca dan miliki bukunya sendiri. Memang ada kepuasan tersendiri saat bisa beli bukunya dan masuk dalam rak buku.

Alasan Kenapa Harus Baca Buku

Bagi sebagian orang pastinya suka bertanya-tanya kenapa sih kita harus baca buku. Tentu ada alasannya agar semakin memotivasi untuk buka buku pengembangan diri dan mulai membacanya. Berikut ini, Saya akan bagikan terlebih dahulu alasan kenapa kita harus baca buku terutama yang berhubungan dengan pengembangan diri:

1. Menambah Pengetahuan dan Pemahaman

Siapa sih yang tidak mau pengetahuan dan pemahamannya bertambah? Buku adalah sumber pengetahuan yang tak terbatas. Membaca buku memperluas wawasan kita tentang berbagai topik, mulai dari ilmu pengetahuan dan sejarah hingga filosofi dan seni. Ini membantu kita memahami dunia dengan lebih baik berawal dari buku yang kita baca.

Buku Pengembangan Diriv



Ketika ingin menggapai cita-cita tentu ada beberapa hal yang perlu diperbaiki termasuk dari dalam diri. Lalu, bagaimana kita bisa meningkatkan pengetahuan dan menjadikan diri lebih berkualitas tanpa baca buku?

2. Ruang Imajinasi dan Kreativitas

Membaca buku dapat merangsang imajinasi dan kreativitas kita. Cerita-cerita fiksi memperkenalkan kita pada dunia baru dan karakter yang menarik, menginspirasi kita untuk berpikir di luar kotak dan melihat dunia dari perspektif yang berbeda.

Nah, saat baca buku pengembangan diri pun kita bisa mengimajinasikan diri saat sudah berada di puncak kesuksesan. Membayangkan hal-hal yang diinginkan tercapai kemudian kreativitas semakin terasah karena sambil mikir ketika baca-baca kalimat yang buat termotivasi.

3. Peningkatan Kualitas Hidup

Buku sering kali berisi wawasan, nasihat, dan cerita inspiratif yang dapat mengubah pandangan hidup kita. Membaca buku yang memotivasi dan memberdayakan kita dapat membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Kita baca buku pengembangan diri maka akan semakin banyak tahu tentang beragam hal baru. Kita mulai lakukan tips atau beragam langkah yang diinformasikan dalam buku. Hal ini tentu bisa bantu untuk tingkatkan kualitas hidup.

Sekarang saatnya kawan-kawan ketahui apa saja buku pengembangan diri yang wajib dibaca sekarang. Ada banyak sebenarnya judul lainnya, namun kali ini Saya hanya akan bagikan 5 buku pengembangan diri yang sudah dimiliki dan dibaca. Oh ya, untuk kegiatan pengembangan diri juga bisa dibaca di blog Ririn Wandes ini lho.

Buku Pengembangan Diri



Judul Buku Pengembangan Diri

1. Atomic Habits: An Esasy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones oleh James Clear

"Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones" oleh James Clear ini menawarkan strategi praktis untuk membangun kebiasaan positif dan menghilangkan kebiasaan negatif secara berkelanjutan.

Sebuah sistem revolusioner untuk menjadi 1% lebih baik setiap hari. Banyak orang mengira bahwa ketika ingin mengubah hidup, Kamu perlu memikirkan hal-hal besar. Namun, Clear telah menemukan sebuah cara lain.

Potongan kalimat menarik dari buku ini yaitu," Anda memiliki kekuasaan untuk mengubah keyakinan terhadap diri sendiri. Identitas Anda tidak terpahat pada batu. Setiap saat Anda punya pilihan."

2. How to Win Friends and Influence People in the Digital Age oleh Dale Carnegie

"How to Win Friends and Influence People" oleh Dale Carnegie ini merupakan buku klasik yang dianggap sebagai buku motivasi paling sukses sepanjang masa dan sudah terjual sebanyak 30 juta eksemplar di seluruh dunia.

Dari buku yang dibaca ini tentunya memberikan wawasan tentang cara berinteraksi dengan orang lain secara efektif dan membangun hubungan yang kuat. Jutaan pembaca yang sudah baca tentu pula mendaki anak tangga kesuksesan dalam bisnis serta kehidupan pribadi.

Dari buku itu, ada kalimat yang Saya ambil yaitu tentang mengakui kekurangan. Nah, kalimatnya seperti ini,"Mengakui kesalahan diri-bahkan saat orang itu belum memperbaikinya- bisa membantu meyakinkan lawan bicara untuk mengubah perilakunya sendiri."

3. Mindset: The New Psychology of Success oleh Carol S.Dweck

"Mindset: The New Psychology of Success" oleh Carol S. Dweck ini membahas perbedaan antara mindset tetap (fixed mindset) dan mindset pertumbuhan (growth mindset) serta bagaimana memanfaatkan mindset pertumbuhan untuk mencapai potensi penuh.

Kesuksesan tak hanya buah bakat dan kecerdasan serta usaha. Cara kita memandang diri, dunia dan kesuksesan juga amat berperan. Karena itu, kunci kesuksesan dalam segala pentas kehidupan sesungguhnya adalah pola pikir sehat.

Dari buku ini, Saya mendapat kutipan dari Billie Jean King," Sifat khusus seorang juara adalah kemampuan untuk menang ketika segalanya tidak berjalan baik-ketika Anda tidak bermain dengan baik dan emosi Anda sedang kacau. Inilah cara dia belajar memahami arti menjadi seorang pemenang."

4. The Subtle Art of Not Giving a F*ck: A Counterintuitive Approach to Living a Good Life oleh Mark Manson

"The Subtle Art of Not Giving a F*ck: A Counterintuitive Approach to Living a Good Life" oleh Mark Manson menawarkan pandangan yang menyegarkan tentang bagaimana memprioritaskan nilai-nilai dan mengelola ekspektasi dalam hidup.

Dalam buku pengembangan diri yang mewakili generasi ini, seorang bloger superstar ini menunjukkan pada kita bahwa kunci untuk menjadi orang yang lebih kuat, lebih bahagia adalah dengan mengerjakan segala tantangan dengan lebih baik dan berhenti memaksa diri untuk menjadi "positif" setiap saat.

5. Grit: The Power of Passion and Perseverance oleh Angela Duckworth

"Grit: The Power of Passion and Perseverance" oleh Angela Duckworth  membahas peran determinasi dan ketekunan dalam mencapai kesuksesan jangka panjang. Ia menunjukkan bahwa rahasia untuk pencapaian yang luar biasa bukanlah bakat, tetapi perpaduan istimewa antara hasrat dan kegigihan yang ia sebut ketabahan.

Dalam buku ini, Saya menemukan bahwa,"Ketabahan adalh tentang mempertahankan cita-cita level puncak yang sama selama jangka waktu yang sangat panjang. Kurangnya ketabahan bisa disebabkan oleh struktur cita-cita yang kurang jelas." 

Menarik sekali bukan buku-buku pengembangan diri ini, kalian tentunya harus mulai baca sekarang. Peningkatan kualitas diri dan menambah value itu dimulai dari buku-buku yang dibaca. Apakah kawan-kawan ada rekomendasi lainnya? Yuk boleh berbagi di kolom komentarnya !




















You Might Also Like

0 Comments

Hello,friends
Mari tinggalkan kesan dan pesan untuk penulis

Subscribe