10 Hal Asik Bisa Dilakukan Saat #dirumahaja

Maret 24, 2020

10 Hal Asik Bisa Dilakukan Saat #dirumahaja - Memasuki hari ketiga bekerja dari rumah sepertinya menjadikan saya lebih kreatif untuk menciptakan karya-karya terbaru. Namun, masih memerlukan hal-hal asik yang bisa dilakukan untuk menghibur sembari bekerja.

Covid-19 sudah beredar di berbagai negara termasuk bumi pertiwi tercinta yaitu Indonesia. Ada berbagai bidang yang harus terhenti secara offline. Namun masih harus terus berjalan melalui media online. Salah satunya sudah pasti dunia pendidikan dimana anak-anak sekolah mulai belajar dari rumah. Tugas-tugas yang diberikan oleh guru dikerjakan menggunakan fasilitas internet.

Saya pun sebagai pendidik yang memasuki hari ketiga untuk kerja dari rumah tentunya bosan. Apalagi jika tidak melakukan hal=hal asik. Oleh sebab itu,berikut aktifitas yang cocok untuk dilakukan dan bisa menyenangkan hati selama berada di rumah saja.

Hal asik bisa dilakukan saat #dirumahaja


Aktifitas Asik #dirumahaja


1. Nonton Channel Youtube


Dengan kecepatan koneksi internet tentunya menonton youtube selama di rumah tidak membosankan. Ada banyak pilihan channel yang bisa ditonton sesuai kesenangan. Biasanya saya memilih berita terkini baik seputara covid-19 maupun perekonomian dari media internasional. Selanjutnya seperti rutinitas biasa menonton channel motivasi dari motivator dunia yang menginpirasi dan memotivasi. Eh, saya juga suka nonton film bollywood saat di rumah aja sehingga koleksi yang lama bisa ditonton lagi deh mengenang masa muda. Then, tentunya tidak ketinggalan untuk menonton channel travel yang menambah pengetahuan tentang tempat indah di berbagai belahan bumi.

Hal asik bisa dilakukan saat #dirumahaja


2. Baca Buku


Sebelum adanya pemberitahuan untuk stay di rumah aja, saya pun sudah terbiasa membaca buku. Namun ketika libur total di rumah begini semakin menambah banyak waktu untuk baca buku. Berbagai buku yang belum terbaca sebelumnya tentu bisa mulai dibaca hingga selesai. Koleksi dalam lemari pun keluar semua untuk dilahap kata per kata. Nah, kamu bisa juga tuh mencoba baca buku yang ada atau baca artikel online juga bisa kok yang penting nambah pengetahuan dan bisa menghibur juga.

Baca juga Inilah 5 Alasan Harus Membaca Buku Setiap Hari

Hal asik bisa dilakukan saat #dirumahaja

Hal asik bisa dilakukan saat #dirumahaja


3. Belajar Hal Baru


Selama di rumah aja pasti mulai suka mengotak-atik sesuatu, misalnya buka buku resep kemudian cobain deh buat sesuatu yang mudah di dapur. Selain itu, bisa juga loh belajar bahasa baru cari informasi di internet atau cari informasi tentang menghasilkan uang dari internet. Nah, semua itu bisa dipelajari meskipun hal-hal baru. Yeah, selama kamu niat untuk melakukannya apapun sudah pasti bisa dilakukan kok.

4. Memainkan Aneka Permainan


Di dalam rumah pun, ada banyak permainan yang bisa dimainkan baik yang sekedar hiburan maupun untuk mengasah otak. Aneka permainan bisa didapatkan melalui internet menggunakan smartphone atau sekedar main bersama anggota keluarga. Berhubung saya seperti anak tunggal di rumah maka ajakin adik sepupu main biar ada hiburan. Nah, kamu bisa loh download bermacam games di app store yang gratis agar ada permainan selama di rumah.

5. Perawatan Diri


Asik banget donk perawatan diri selama di rumah aja. Saya biasanya masih mau pergi ke salon untuk sekedar creambath, facial atau massage. Nah, selama proses social distancing ini, bisa tetap perawatan di rumah dengan menggunakan masker wajah atau luluran sambil santai. Hmm, tidak perlu berpergian tapi tetap bisa cantik dan kulit terawat pastinya.

Hal asik bisa dilakukan saat #dirumahaja


6. Menulis Jurnal Harian


Anak 90 an mana suaranya?. Yeah, saya sejak duduk di bangku sekolah dasar sangat suka menulis jurnal harian di buku diary. Dulu, saya dan teman pun suka bertukar kertas binder yang lucu beranekaragam tema. Nah, sekarang pun bisa loh menulis di buku catatan atau misalnya lagi lelah pegang pena boleh donk menulis di note smartphone atau di laptop. Ada berbagai cara untuk menyalurkan isi hati dan isi kepala. Daripada galau tidak ada teman cerita maka lebih baik tulis saja dalam jurnal harian yang nantinya bisa selalu dikenang.

7. Buat Konten


Anak digital suka banget memiliki kreatifitas dalam menciptakan konten terbaru baik di sosial media maupun platform lainnya. Kenapa tidak mulai mencoba buat blog,vlog atau podcast?. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk menyalurkan hobi. Buat konten selama di rumah aja akan semakin menyenangkan apalagi bisa melakukan sesuka hati alias sesuai kemauan saja. Memulai untuk ngeblog itu tidak sulit kok,bisa dengan cara berbagi jurnal tadi di dalam blog. Jika kamu lebih suka berbicara di depan kamera, ciptakan konten video untuk channel youtube. Nah, nambah deh kegiatan asik berfaedah meskipun di rumah aja.

Baca juga 5 Alasan Seorang Ririn Wandes Menjadi Blogger

Hal asik bisa dilakukan saat #dirumahaja


8. Mengedit Foto & Video


Adakah disini yang sering mengambil video tapi hanya tersimpan tanpa dipublish?. Saya pun begitu, sering punya banyak video tapi tidak dipublikasikan. Nah, inilah saatnya ketika di rumah aja bisa punya waktu yang fokus untuk mengedit video maupun foto. Stock yang banyak bisa mulai dikerjakan sehingga nantinya sudah bagus ketika akan dimasukkan ke sosial media.

9. Bercocok Tanam


Anak era digital sepertinya sudah jarang melakukan aktifitas bercocok tanam. Saat di rumah aja, kamu bisa loh mulai bercocok tanam yang ringan di belakang rumah. Saya pun baru punya kesempatan melihat tanaman di belakang rumah ketika libur begini. Kerja dari rumah tentunya tidak harus fokus dari pagi hingga petang di depan layar monitor maka saya pun bisa melihat tanaman dan menyiraminya. Menyenangkan sekali bukan ketika bisa melihat tumbuhan hijau berhubung selama ini yang terlihat cuma bangunan-bangunan tinggi.

Hal asik bisa dilakukan saat #dirumahaja


10. Membuat Aneka Kuliner


Well, berhubung di rumah aja pastinya ada banyak waktu kosong yang bisa dimanfaatkan. Cobalah untuk membuat kuliner baru yang belum pernah dicoba atau suatu menu favorit yang selama ini hanya dibuatkan. Asik loh ternyata main ke dapur, saya pun sudah melakukannya untuk mulai membuat jus,smoothie dan aneka menu ringan lainnya yang bisa dikerjakan sendiri di dapur.

Hal asik bisa dilakukan saat #dirumahaja


Baiklah teman-teman, itulah 10 hal asik bisa dilakukan saat di rumah aja versi Ririn Wandes. Bagaimana dengan teman-teman?. Sudah ada ide yang dilakukan selama di rumah aja?. Boleh donk berbagi di kolom komentar agar bisa saling berdiskusi.



You Might Also Like

21 Comments

  1. Buat konten dan bikin makanan nih aku banget.. anak anakku doyan makan sih :)). Sampe nggak sempat perawatan :(

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak ya yg bisa dilakukan di rumah.
    Jadi nggak perlu mati gaya ya

    BalasHapus
  3. Untuk saat ini saya lebih senang menambah hal baru dan tetap fokus juga dengan fashion saya sebagai guru kak, memonitor dan memastikan Pembelajaran Jarak Jauh berjalan dengan maksimal

    BalasHapus
  4. Aku sih paling sering uprek2 tutorial masak di YouTube.
    Soalnya anakku dikit2 minta makan hehehehehehhe

    BalasHapus
  5. Sepuluh hal yang bisa aku lakukan selama social distancing nih. Sebenarnya udah bosan banget di rumah, dan beberapa dari hal di atas udah aku praktekin. Tapi masih juga bosan hehe. Mungkin aku bakal coba hal lainnya.

    BalasHapus
  6. Insya Allah banyak hal yang bisa dilakukan di rumah selama pembatasan sosial ini ya, Mbak. Saya pun sama melakukan hal-hal di atas. selain menulis, baca buku, nonton, coba resep baru. Sekalian saya buku file-ile naskah lama, lalu mengeditnya.
    Semoga covid-19 ini segera berakhir ya, Mbak. Aamin.

    BalasHapus
  7. Social distancing ini membuat kita punya banyak waktu sama keluarga, bagi pekerja kantoran yang terbiasa kerja dari pagi sampai sore, hal ini tentu hal baru yang bisa menjadikan mereka kaget, termasuk aku. Tapi bertambahnya waktu di rumah ini bisa disikapi dengan berbagai hal positif, yang paling terasa sih aku jadi lebih cepat kelar baca buku dan jadi lebih banyak buku yang bisa dibaca. Blogku pun lebih terurus dan... bisa tidur siang

    BalasHapus
  8. Semenjak social dostancing ini emang harus jaga jarak ya mbak, di rumah aja biasanya aku sih masak, nonton film, dan siram-siram tanaman hehehe. Tapi aku tetep kerja sih dari rumah.

    BalasHapus
  9. Mantul nih banyak ide aktivitas buat di rumah. Kalau aku kebanyakan scroll scroll scroll... ��

    BalasHapus
  10. Selama karantina mandiri ini aku satupun tak ada waktu buat nonton, huaaa. Sibuk bikin konten dan silaturahim online ala blogger, wkwkwk. Itu aja sudah menyita waktu yak

    BalasHapus
  11. Sebagai anak kostan, saya kudu mau gak mau harus masak sendiri apalagi tengah wabah kayak gini. Soalnya mau belanja di luar juga gak ada yang jual. Terus untuk hiburan lebih seneng nonton youtube dan belajar buat konten kecil-kecilan.

    BalasHapus
  12. kalau saya dan suami memang sejak awal di rumah. Tinggal yang jadi PR adalah bikin anak yang biasanya sekolah bisa asik di rumah.
    dan yang paling banyak dilakukan adalah nonton youtube.

    BalasHapus
  13. Buat konten, nyiapin materi ngajar, dan hobby sih aku. Masak juga Ok. Selain masak sehari-hari, nyoba bikin roti (yang belum berhasil lembut aja...haha)

    BalasHapus
  14. Main youtube, aku sampe tebosan-bosan mainkannya kak. Hehe

    BalasHapus
  15. Wah salfok aku mba. Kompornya sama persis dengan punyaku... Dan iya, sejak anak sekolah di rumah, istriku masaknya jadi makin sering euy,,, nyoba resep sana sini :D

    BalasHapus
  16. Gagal fokus sama meja masaknya. Kok kayak yang di rumah. Hahaha
    Aku sih pen banhet baca buku lagi kayak dulu, jg perawatan diri. Tp belum apa2 bocah udah jahil duluan. Heheh

    BalasHapus
  17. Masak, nonton drama korea, beberes rumah, dan nemenin anak belajar itu aktifitasku selama di rumah aja oh iya sama blogwaking hahaha

    BalasHapus
  18. Banyak banget hal yang bisa dilakukan di rumah. Bahkan beebrapa poin dan list yang sudah saya rencanakan malah ada yang tidak etrkerjakan karena ternyata kalau di rumah pekerjaan menumpuk sedangkan kalau di luar malah nggak banyak. Hehe.

    BalasHapus
  19. Mba Ririn itu nabati isinya apa wkkw toples aja kan ya, dalemnya renggiang bukan wakaak
    suka sama meja kerjamu apik banget mba, seruu! Terimakasih mba hal-hal asik yang dibagi. Berkebun yang nggak paling.

    BalasHapus
  20. Pilihan tepat banget nih buat mulai produktif di rumah ya. 😂 Aku pun bikin konten, baca buku, dan nonton film gratis hahaha

    BalasHapus
  21. Yang nomor 9 sama 10 nggak cocok buat aku, wkwk...soalnya nggak seneng berkebun dan masak. Tapi main2 sama anak2 udah spend time so much juga kok.. apalagi anak yang sekolah tugasnya seabrek juga wkwk.

    BalasHapus

Hello,friends
Mari tinggalkan kesan dan pesan untuk penulis

Subscribe