Bukan Cuma Mimpi, Ini 7 Tips Raih Sukses Usia Muda

Januari 15, 2024

 Semakin berkembangnya teknologi, kemudahan akses informasi mudah dilakukan oleh siapapun. Ingin sukses usia muda pun bisa diraih dengan mempelajari beragam tips yang dibagikan melalui internet. Tentu bukan cuma mimpi jika anak muda jaman sekarang mau raih sukses usia muda. Inilah 7 Tips Raih Sukses Usia Muda Versi Ririn Wandes!

Tips Raih Sukses Usia Muda


Tips Raih Sukses Usia Muda

Siapapun yang mau meraih sukses tentu harus memiliki dedikasi tinggi, keberanian mengambil resiko, lakukan pembelajaran secara terus menerus dan membangun koneksi baik dengan siapapun. Tentu kombinasi keseluruhannya sangat penting mendukung agar bisa raih kesuksesan di usia muda. Gimana cara agar sukses di usia muda? Simak selengkapnya di bawah ini yuk!

1. Tentukan Tujuan

Namanya jalani hidup pasti harus ada tujuan terutama jika mau meraih sukses usia muda. Siapapun yang sedang berjuang mau meraih kesuksesan dan kebahagian maka sudah harus siapkan tujuan. Tentu tujuan yang dibuat pun untuk jangka pendek dan panjang.

Tips Raih Sukses Usia Muda


Tujuan-tujuan yang dibuat pun harus sesuai dimana memang bisa terukur, jelas dan realistis. Dengan adanya tujuan seperti ini membuat kamu nantinya lebih fokus an berada di jalur yang tepat demi raih tujuan tersebut.

2. Belajar Berkelanjutan

Ingin meraih sukses usia muda tentu harus mau pula terus belajar tanpa kenal lelah. Namanya sudah menentukan tujuan maka ada banyak hal yang perlu dipelajari kembali. Ilmu pengetahuan terus mengalami perubahan maka penting terus upgrade demi capai tujuan yang lebih cepat.

Meraih ilmu maupun meningkatkan keterampilan di era digital ini banyak caranya. Segala sesuatu bisa didapatkan dengan gratis maupun berbayar. Beragam kelas online ada melalui media sosial sehingga memudahkan dalam tingkatkan pengetahuan dan skill yang mendukung raih tujuan.

Tips Raih Sukses Usia Muda


3. Perluas Jaringan

Salah satu tips raih sukses usia muda adalah dengan memperluas jaringan. Kalian bisa tetapkan sejak sekarang mau bergaul dengan siapa. Hal ini berhubungan dengan meraih kesuksesan karena siapa yang berteman dengan kita saat ini itu juga bagian dari kesuksesan kita.

Membangun jaringan yang kuat memang tidak mudah namun bukan sesuatu hal sulit. Dengan bangun jaringan kuat sesuai bidang yang diminati maka akan membantu terbukanya peluang ke depan dan beri dukungan untuk kesukesan mendatang.

4. Berani Beresiko

Kesannya mungkin menyeramkan jika berani beresiko tetapi memang ini salah satu tips raih sukses usia muda. Saat miliki keberanian untuk ambil resiko di usia muda maka kesempatan untuk berhasil pun semakin terbuka pula.

Resiko-resiko yang terukur itu jangan takut diambil karena kita tidak pernah tahu bisa saja dari inovasi yang dilakukan membawa ke gerbang kesuksesan. Kemampuan mengambil langkah-langkah untuk berani maju ini yang diperlukan calon anak muda yang sukses.

5. Cari Mentor

Ada banyak yang memiliki kesulitan dalam memandu diri sendiri. Itulah sebabnya dibutuhka mentor yang bisa mengarahkan sampai ke tujuan. Menemukan mentor mungkin tidak mudah tetapi jika sudah mendapatkannya maka kita lebih tepat jalurnya untuk lakukan langkah-langkah raih sukses usia muda.

6. Manajemen Waktu

Kita semua memiliki jatah waktu yang sama yaitu 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, 30/31 hari dalam sebulan. Namun tetap saja masih banyak yang mengeluhkan tidak ada cukup waktu untuk belajar atau memperbaiki diri.

Dengan manajemen yang tepat maka akan membantu cara kerja yang lebih efektif dan efisien. Prioritaskan tugas dan jangan sampai menyia-nyiakan waktu. Dahulukan yang harus dikerjakan sesuai target dan tujuan yang mau dicapai.

7.Semangat dan Jaga Kesehatan Mental

Semakin kesini penting sekali untuk tetap menjaga semangat dan kesehatan mental. Beragam isu mengenai sakit mental mulai bermunculan. Kita tidak bisa mengontrol orang lain terutama ucapan-ucapan yang dikeluarkan maupun perlakuannya. Tentu diri sendiri adalah pengontrol terbaik makanya harus bisa jaga kesehatan mentalnya dan tetap semangat.

Mau raih sukses usia muda ini sering sekali menemukan tantangan dan rintangan yang beragam. Tidak sedikit pula yang membuat mental menjadi down. Pertahankan semangat positif dan bangun kesehatan mental untuk mengatasi rintangan.







You Might Also Like

19 Comments

  1. Kalau baca ini, jadi kepengen balik muda usia 20-an lagi. Soalnya dulu pas muda kebanyakan nomaden pindah sana sini. Dan yang utama, dulu aku nggak pernah nyusun target mimpi dengan detail. Hidup asal jalanin aja.

    BalasHapus
  2. Setuju banget dengan tips-tips di atas. Terutama penting banget untuk menjaga semangat. Karena ini nampak paling remeh padahal paling penting. Karena gak ada yang bisa bikin kita semangat berjuang kecuali diri kita sendiri.

    BalasHapus
  3. Menentukan tujuan nih penting banget. Seringkali karena merasa masih muda jadinya malah semaunya. Sadarnya setelah tua. Padahal kalau sejak muda udah tau tujuan, jadi lebih enak buat bikin segala perencanaan

    BalasHapus
  4. tidak ada kata terlambat, sepertinya tipsnya masih bisa diaplikasikan buat aku yang sudah menginjak 30an, hihi

    BalasHapus
  5. Muda kaya raya, ini mah bisa dilakuin ya, dengan langkah yang benar, sukses di usia dini bukanlah isapan jempol

    BalasHapus
  6. tambah greget lagi ya usai baca ini. Bahwa kesuksesan tidak memandang usia. Terlebih sukses di usia muda. Keren banget. Dan tentu butuh upaya keras ya kak

    BalasHapus
  7. Setuju banget nih harus punya tujuan kemana goals-nya. Aku jadi berkaca sama diriku karena nggak ada tujuan yang jelasnya yang penting kerja aja, jadinya kaya nggak tau arahnya mau kemana, huhu. Sama punya mentor juga bantu banget untuk ada yang membimbing dalam mencapai tujuan.

    BalasHapus
  8. Baca tips ini di usia 45 tahun. Tapi rasanya masih sangat relevan untuk dipraktekkan. Sukses khan gak ada kata terlambat. Dan setuju banget, menentukan tujuan itu sangat penting agar apa yang kita kerjakan jadi lebih terarah

    BalasHapus
  9. dulu kalau saya muda ada yang ngasih tahu seperti ini, mungkin saya lebih sukses dari sekarang ya. E tak boleh gitu, rezeki dan takdir sudah ada ketetapannya. Yang penting sekarang tanamkan poin-poin kunci untuk sukses itu kepada anak-anak

    BalasHapus
  10. Nah, tentang risiko yang terukur ini memang jadi pelajaran berharga banget buat saya khususnya, Kak. Banyak impian yang memang butuh banyak usaha untuk mencapainya. Tip ini membuat saya makin semangat, nih, Kak.

    BalasHapus
  11. Usia muda ini memang lagi fase-fase mencari cara untuk sukse yaa, yang penting jangan pernah menyerah. dan yah aku suka sama point perbanyak relasi, semakin banyak relasi semakin banyak hal baru yang kita dapatkan

    BalasHapus
  12. Urusan belajar ini jangan selesai begitulah aja ya kak. Harus terus berkelanjutan, meski mungkin istilah udah lulus pendidikan tetapi yang namanya belajar jangan sampai terhenti

    BalasHapus
  13. Menjaga kesehatan mental juga penting banget ya untuk menunjang sukses di usia muda. Saat mental sakit maka tidak bisa melakukan aktivitas dengan normal.

    BalasHapus
  14. Berani ngambil resiko dan manajemen waktu nih yang aku masih susah. Apalagi kadang gak konsisten huhu. Semangat semoga kita bisa sukses sesuai keinginan nantinya 🥳

    BalasHapus
  15. Jadi makin semangat untuk sukses di usia muda. Apalagi setelah baca tips ini. Anak muda memang harus punya goals yang harus diraih.

    BalasHapus
  16. poin terakhir aku sepakat nih. karena di era sekarang banyak ulut g terjagahahaha jadi kita yang harus punya cara agar tetap waras ya. sukses di usia muda dengan perencanaan pasti bisa insya Allah

    BalasHapus
  17. Makasih mba tipsnya, aku lagi butuh banget nih tips kayak gini, karena lagi muak sama keadaan dan diri sendiri yang letoy, haha

    Jadi memang harus lebih difokuskan lagi nih tujuan dan selalu menjaga agar terus konsisten.

    BalasHapus
  18. keren banget tipsnya ini kalau saja lebih pinter managemen waktu akan semakin cepat ini suksesnya, masya Allah

    BalasHapus
  19. Sepakat pakai banyak.
    Belajar hal baru dan serba positif, tidak dibatasi apapun.
    Mari, semangat terus belajar dan sebanyak mungkin bermanfaat bagi orang lain.
    Semangkaaaaa...
    Terus berkiprah positif, dimana pun dan kapan pun.

    BalasHapus

Hello,friends
Mari tinggalkan kesan dan pesan untuk penulis

Subscribe