Bagaimana Cara Lihat Penghasilan Dari TIkTok? Kamu Perlu Baca Artikel Ini!

April 30, 2024

 Cara melihat penghasilan dari TikTok selalu menarik untuk dipelajari, baik untuk pemula maupun profesional. Ketika melihat angka-angka indah semakin termotivasi untuk menghasilkan karya konten yang banyak diminati serta makin tinggi jumlah penontonnya.

Cari Tahu Penghasilan Kreator TikTok

Memulai buat konten memang tidak mudah tetapi siapapun bisa melakukannya di era digital ini. Konten yang semakin beragam sehingga bisa menargetkan pangsa pasar atau penonton seperti apa yang diinginkan.

penghasilan dari tiktok


Jika sebagai kreator ingin berpenghasilan melalui media sosial maka perlu ketahui pula apa saja yang harus dilakukan. Semua usaha tidak ada yang sia-sia jika mau berusaha dan tentu saja ada niat dan semangat untuk mendorong lakukan hal-hal terbaik.

Sebelum kita membahas lebih lanjut maka perlu ketahui terlebih dahulu beberapa hal mengenai TikTok. Tentu saja banyak perubahan sejak hadirnya TikTok di lingkungan kita. Perubahan muncul dalam tatanan media sosial. 

Disini, Saya tidak akan membandingkan dengan media sosial lainnya karena masing-masing platform media sosial punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Saat ini memang TikTok sedang berada di masa kejayaan terutama karena memang penggunanya yang terus bertambah.

Asal Usul TikTok

Segala sesuatu yang hadir mungkin tidak tiba begitu saja, ada prosesnya hingga bisa semakin luas dinikmati oleh masyarakat. Sebelum begitu tenar seperti sekarang, pasti sahabat pembaca ingat dengan Bowo yang muncul melalui aplikai TikTok.

apa itu tiktok



TikTok, dan padanannya dalam bahasa Mandarin, Douyin, adalah layanan hosting video berdurasi pendek yang dimiliki oleh perusahaan Tiongkok, ByteDance. Layanan ini menghosting video yang dikirimkan pengguna, yang dapat berdurasi mulai dari 3 detik hingga 10 menit.

Fitur Menarik di TikTok


Beragam fitur yang ditawarkan kepada user menjadikan aplikasi ini terus berkembang. Masyarakat selalu menyukai sesuatu yang baru, menyenangkan dan tentu bisa berpenghasilan. Fitur video pendek, diberikan filter dan ada musiknya menjadikan sebuah konten semakin menarik untuk ditampilkan melalui platform ini.

fitur tiktok



Dengan saling berkolaborai, berkoneksi satu sama lain menjadikan semua pengguna bisa saling terhubung secara global. Mengenal orang-orang baru dari penjuru dunia menjadi semakin mudah. Ada fitur tantangan, duet dan interaksi serta live bersama menjadikan pengguna betah menghabiskan waktu di platform TikTok.

Cara Punya Penghasilan di TikTok

Saya pernah mengulas tentang penghasilan di TikTok khususnya para followers 1000. Jadi, meskipun masih punya 1000 followers bisa cuan lho. Kenapa bisa mengatakan begitu? Karena memang sudah mengalami langsung.

Meskipun nominal penghasilannya masih hitungan ratusan ribu tetapi sudah bersyukur media sosial TikTok yang baru punya 1000 followers tetapi bisa berpenghasilan. Bayangin jika terus dikembangkan maka bukan tidak mungkin hasilnya lebih fantastis.

Saya ingat beberapa konten yang sudah berpenghasilan dari kolaborasi brand. Setidaknya paling sedikit bisa dapat 200k dari satu video lho. Itulah kenapa Kamu harus tahu bahwa bisa punya penghasilan dengan 1000 followers TikTok.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk kreator TikTok bisa mendapatkan penghasilan:

1. Creator Fund TikTok


Pernah mendengar tentang Creator Fund di TikTok? Well, inilah TikTok yang memiliki Creator Fund memungkinkan kreator mendapatkan uang dari video yang dibuat. Untuk memenuhi syarat dan mengajukan permohonan, Kamu perlu memenuhi kriteria tertentu, seperti memiliki jumlah penggemar minimum dan video yang memenuhi standar kualitas. TikTok akan menghubungi nantinya jika Kamu sudah memenuhi syarat.

2. Brand Partnerships dan Sponsorships


Saya lebih suka untuk berpartner dengan brand dimana sebagai kreator yang sukses, pastinya dapat kesempatan untuk menjalin kemitraan dengan merek atau perusahaan demi mempromosikan kampanye sponsor. Biasanya, hal ini melibatkan kerja sama langsung dengan merek yang ingin memanfaatkan basis penggemar yang sudah dibangun.


3. TikTok Live dan Hadiah Virtual


Pemilik 1000 followers sudah bisa lho melakukan TikTok Live dan ini bisa cuan banget kalau penonton banyak beri hadiah. Penghasilan yang diperolah melalui siaran langsung di TikTok ini diraih dari penonton yang memberikan hadiah virtual kepada Kamu selama siaran langsung, dan bisa menukarkannya dengan uang.

Cara Cek Penghasilan di TikTok

Beberapa cara bisa dilakukan untuk para sahabat Ririn Wandes yang mau cek cara lihat penghasilan dari TikTok baik menggunakan aplikasi maupun web. Mari lihat ulasan cara di bawah ini:

1. Cek Melalui Aplikasi

a. Buka aplikasi Tiktok
b. Buka menu “Profil”
c. Masuk ke “Creator Tools”
d. Jika sudah, pilih opsi “Tiktok Creator Funds”
e. Pada menu tersebut, Kamu bisa mengetahui penghasilan yang dimiliki.

2. Cek Melalui Website


Buat sahabat pembaca yang mau memeriksa melalui website juga bisa kok karena selain dari aplikasi TikTok, pengguna juga dapat melakukan pengecekan melalui situs web tertentu. Beberapa situs yang dapat digunakan yaitu:

- Feedpixel.com

a. Kunjungi situs Feedpixel.com
b. Masukkan username TikTok yang ingin diperiksa
c. Profil terkait dengan username yang dicari akan muncul, lengkap dengan estimasi penghasilan yang diperoleh dari setiap postingan

- Influencermarketinghub.com

a. Buka situs Likigram melalui https://influencermarketinghub.com/tiktok-money-calculator/
b. Masukkan nama pengguna akun TikTok
c. Masukkan jumlah likes dan followers
d. Geser ikon jumlah video
e. Estimasi penghasilan TikTok dalam dolar Amerika Serikat (AS) akan muncul.

- exolyt.com

a. Buka laman https://exolyt.com/guides/tiktok-money-calculator pada browser
b. Masukkan username akun TikTok
c. Klik opsi Calculate earnings
d. Klik Setuju pada bagian terms of service
e. Tunggu sampai kisaran pendapatan per video muncul.

Well, itulah cara lihat penghasilan dari TikTok, bagi pemula yang ingin terus berkembang harus rutin pula membagikan konten secara konsisten dan rajin cek analitik agar tahu apa saja yang perlu dioptimalkan.




























You Might Also Like

1 Comments

  1. aku inget banget berita soal Bowo, yang dulu banyak dihujat sana sini.
    sekarang malah pengguna tiktok makin banyak dan kalaupun ada yang menghujat sebuah video, mungkin isi videonya yang memang bertentangan dengan banyak orang
    dari tiktok kita bisa dapet cuan, lumayan juga sebenernya ya, kuncinya lagi lagi kudu konsisten

    BalasHapus

Hello,friends
Mari tinggalkan kesan dan pesan untuk penulis

Subscribe