Alasan Masuk Grup WA Blog Walking Asik

Desember 03, 2021

 Menjadi seorang blogger tentunya harus bisa beradaptasi di berbagai lingkungan. Bukan sekedar bisa menulis dan duduk diam dengan rangkaian kata-kata di depan layar. Ada beragam hal yang harus mampu dilakukan seorang blogger sehingga menulis hanya sebagai skill utama dan lainnya tentu harus dikembangkan dengan baik.

Saya mulai aktif masuk di beragam komunitas blog sejak akhirnya memutuskan punya blog Top Level Domain (TLD) pada tahun 2015. Sebelumnya mulai ngeblog jaman masih kuliah tahun 2010,isi blog pun masih seputar cerita kehidupan mahasiswa yang sibuk dengan beragam organisasi dan komunitas. Berhubung sudah terbiasa aktif di berbagai kelompok maka ketika memutuskan masuk ke sebuah komunitas blogger bukan menjadi hal yang terlalu sulit.

Penyesuaian diri dan bisa membawanya dengan bijak di depan orang banyak adalah kunci keberhasilannya. Terkadang memang saya pun tidak terlalu aktif di semua komunitas yang saya terjun di dalamnya. Setidaknya ada kegiatan-kegiatan yang diikuti maupun obrolan-obrolan ringan yang masih bisa diikuti.

Nah, berbicara tentang bergabung komunitas blogger ini tentunya saya sudah masuk di beragam perkumpulan mulai dari yang khusus niche travel blogger hingga secara general. Awal mula komunitas blogger yang saya berada di dalamnya tentu Blogger Medan sebagai permulaan merintis karir di dunia blogging. Setelah itu, mulai aktif di beberapa komunitas blogger nasional dan bahkan sudah masuk kancah internasional.

Dari sekian banyak komunitas blog yang saya sudah berada di dalamnya. Kali ini,ingin berbagi cerita tentang Blog Walking Asik. Wah,kawan-kawan pasti berfikirnya ini hanya untuk asik-asik dan senang-senang saja. Yeah,memang tidak ada tekanan saat berada di dalamnya. Semua anggota tetap bisa menyampaikan pertanyaan atau diskusi yang berhubungan dengan blog maupun hal umum yang wajar dan masih pantas didiskusikan.

Seketika memori saya kembali ke awal mula bisa masuk grup WA Blog Walking Asik ini. Saat itu,sepertinya saya sedang membaca tweet dari admin yaitu Mba Rini di Twitter. Kala itu,saya pun langsung memutuskan untuk gabung karena ingin memperluas pertemanan serta bisa rutin ikutan blog walking dengan mengunjungi blog kawan lainnya sesama member di grup.

Berhubung ada beragam alasan yang membuat saya akhirnya berada di dalam dan betah sampai sekarang maka saya ingin bagikan ke kawan-kawan pembaca semua. Well, siapa tahu esok hari giliran kamu yang bergabung di grup WA Blog Walking Asik ini. Ada banyak loh orang yang terinspirasi dari sebuah cerita atau pengalaman orang lain hingga memutuskan untuk mendaftar atau masuk di sebuah lembaga maupun kelompok tertentu.

Blog walking asik


Wadah Berbagi Cerita

Bisa dikatakan grup WA Blog Walking Asik ini menjadi wadah berbagi cerita loh. Para member bisa membagikan pengalamannya atau merespon jika ada pertanyaan dari member lain. Bebas mengekspresikan pendapat dan ide selama itu tidak mengganggu atau berhubungan dengan SARA. Kita bisa saling memberi masukan sehingga kawan lainnya terbuka pola pikir baru atau menjadi bersemangat kembali.

Saya ingat obrolan di grup saat ada job dari platform luar negeri. Nah,saat itu kebanyakan pasti mau ikut andil gabung dan mendapakan job karena bayaran yang cukup tinggi. Senang membaca chat para teman-teman yang sudah terlebih dahulu kebagian pekerjaan dari platform tersebut dan tidak pelit berbagi cerita kepada yang masih pemula. Dan untuk yang belum mendapatkan pun bersemangat berusaha dan tingkatkan kualitas blog setelah mendengar cerita-cerita yang lainnya. Nah,inilah alasan saya salah satunya bergabung karena bisa menemukan wadah berbagi cerita meskipun saya masih lebih sering sebagai pembaca saja,sesekali ikut nimbrung ngobrol ketika nyambung yang mau dicakapkan.

Wadah Belajar

Kenapa tidak sama berbagi cerita dan belajar? Jika berbagi cerita maka terkadang hanya terbatas pada obrolan sederhana atau diskusi ringan saja. Sementara ketika menjadi wadah belajar maka disitu ada kelas yang kemudian bisa menambah insight dan skill lebih dari sebuah webinar yang diadakan. Beberapa waktu lalu juga ada webinar "Cara Meningkatkan Trafic Blog". Tentunya ada diskusi seperti itu sangat bermanfaat sekali untuk para blogger baik newbie maupun sudah expert karena belajar itu adalah keberlanjutan. Sekali sudah berhasil bukan berarti kita berhenti namun dengan beragam aktifitas pembelajaran itu meningkatkan kualitas dan bisa bertahan di tengah persaingan.

Hmm,sayangnya pada saat ada webinar tersebut sedang berada di luar sehingga tidak bisa mengikutinya. Tetapi rekaman masih ada jadi member lain tetap bisa mendapatkan ilmu meskipun tidak puas karena tidak bisa bertanya langsung kepada narasumber pada sesi tersebut.

Wadah Berkenalan

Member yang berada di dalam grup WA Blog Walking Asik itu terdiri dari ratusan orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bisa dikatakan memang dari Sabang sampai Merauke deh karena dari ujung Barat ke ujung Timur. Dari situ tentu bisa saling "say hi, say hello" dengan kawan-kawan yang berbeda latar belakang. Kita memang disatukan dalam grup blogger tetapi profesi kita pun masih beragam juga,ada ibu rumah tangga, guru, dosen, socmed straegist, pegawai kantoran dan lain sebagainya. Menariknya bisa tetap asik berada di dalam grup Blog Walking Asik ini makanya tetap betah di dalam grupnya.

Cara berkenalan online


Overall,namanya komunitas tetap ada beragam cerita yang akan semakin menarik jika nantinya ada kesempatan bertemu in person untuk semua member. Enggak tahu rejeki akan datang,setelah pandemi bisa berkumpul dalam sebuah event yang sama sehingga obrolan dan diskusi bukan sekedar melalui grup WA atau webinar tapi bisa berjabat tangan dan bertatap muka langsung. 

You Might Also Like

0 Comments

Hello,friends
Mari tinggalkan kesan dan pesan untuk penulis

Subscribe